FIRST DAY ON SANTRI AL ANWAR 02

Gondanrojo- 16/7  Halaman utama Madrasah Aliyah Al Anwar telah riuh oleh para santri yang jumlahnya ratusan. Santri  putra dan putri tingkat satu sampai tiga penuh semangat  menyambut tahun ajaran baru dengan apel pagi. Hari ini adalah first day on setelah libur panjang. Santri  dari berbagai daerah telah kembali pada rutinitas pesantren dan masih diselimuti suasana hari raya idul fitri, mereka saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan.

Musofahah para santri putra

Apel pagi ini diisi dengan banyak pengumuman serta mauidoh dari kepala madrasah, K.H. Zaki Mubarok Lc. MUS.  Beliau menyampaikan bahwasanya seluruh santri terutama santri baru untuk merefresh niat dan tekat thalabul ilmi mereka. Karena suatu hal ataupun tujuan akan terwujud dengan kuatnya niat dan tekat.

“Pada awal tahun ajaran baru ini saya mengingatkan diri saya sendiri dan dewan guru yang berkhidmad, khususnya para santri untuk selalu menata niat. Dengan menata niat kembali, kita dapat mengintropeksi diri, dan melihat sejauhmana pengorbanan kita dalam meuntut ilmu. Karena pepatah mengatakan, ilmu tidak akan memberi sedikitpun pada kita kecuali dengan perjuangan yang keras. Niat bagaikan mesin penggerak untuk menuntut ilmu”  jelas beliau.

Mauidoh Kepala Madrasah

Selain itu Gus Zaki juga menyampaikan kepada seluruh santri mengenai masalah pertemanan. Beliau menyampaikan hendaknya santri memilih teman yang baik, dalam hal apapun. Karena orang yang baik pastilah pergaulannya dengan orang baik pula.

“Jadilah contoh yang baik, dan bergaul dengan orang yang baik. Pertemanan  itu dapat diibaratkan, kita adalah seseorang yang sehat kemudian kita berteman dengan orang yang batuk, maka kitapun akan tertular batuk. Karena perkara yang kurang baik akan lebih cepat penularan dari pada perkara yang baik.” Pungkas menantu K.H. Abdullah Ubab

Musofahah santri putri

Apel dilanjutkan dengan ta’aruf masyayikh serta dewan asatidz Al Anwar 02. Kemudian pengumuman wali kelas. Perlu diketahui bahwa pada tahun ajaran 2018/2019 tingkat satu Aliyah terdapat  8 ruang kelas putri dengan perincian, 2 kelas prodi IPA, IPS, dan Agama, 1kelas  prodi Bahasa, serta  Tahfidz. Kemudian tingkat satu Aliyah putra ada 7 ruang kelas dengan perincian, 2 kelas prodi IPA dan Agama, 1 kelas  prodi IPS, Bahasa , dan Tahfidz. Untuk tingkat dua Aliyah terdapat 7 kelas putra dan 6 kelas putri, sedangkan tingkat tiga Aliyah 7 kelas putra dan 5 kelas putri.

Apel ditutup dengan mushofahah seluruh santri dengan dewan asatidz. Sekaligus ta’aruf santri baru dengan wali kelas masing masing serta reorganisasi di kelas masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *