SULE BADALI SUSU PUTIH

SULE BADALI SUSU PUTIH

SARANG – Rasulullah menganjurkan umatnya untuk meminum susu putih pada awal tahun baru hijriyah. Acara yang diadakan oleh OSIS MA Al Anwar kemarin (12/09) guna memperingati 1 Muharrom 1440 H berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini untuk menjalankan sunah Rasul bukan susu putih yang dibagikan melainkan sule (susu kedelai).

Pembina OSIS putri Indah Hesti Pratiwi menjelaskan tentang keutamaan meminum susu putih pada awal tahun hijriyah. Usulan tersebut berasal dari Kepala Madrasah MA Al Anwar sendiri. Namun agar lebih praktisnya susuh putih diganti dengan sule.

“Dari Masyayikh, kita dianjurkan untuk menerapkan kesunnahan Nabi, yaitu meminum susu putih saat tahun islam. Pengibaratannya seperti kain yang kotor menjadi putih kembali,” tambah guru yang juga mengampu mapel biologi itu.

Salah seorang siswi, Nafizatul Khofifah menegaskan bahwa sebelum pembagian sule, ada juga pembagian snack untuk para siswa. Selain itu, MA Al Anwar juga membagikan sembako untuk para masyarakat yang membutuhkan.

“ Tidak sembarang orang yang memperoleh sembako. Melainkan seperti anak yatim, fakir miskin, janda, dan lansia,”lanjutnya.

Antusias peserta juga sangat mendukung dalam acara ini, meskipun masih banyak kendala. Salah satunya sound system yang tiba-tiba mati di tengah acara yang sedang berlangsung. Ditambah kurang kondusifnya barisan yang sempat tak terkontrol.

Dalam 3 tahun terakhir, acara paling berbobot adalah pada tahun ini. Dilihat dari sisi sembako yang dibagikan MA Al Anwar untuk masyarakat setempat bertambah .Yang awalnya hanya 150 bungkus, kini menjadi 500 bungkus.

Pembagian sule tersebut merupakan inisiatif dari anggota OSIS sendiri. Sebab dirasa agar lebih praktis dibandingkan susu putih. Maka dari itu anggota OSIS lebih memilih sule sebagai pengganti susu putih.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *